Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan menghafal Kosakata Bahasa Arab Pada siswa kelas IV Min 7 Langkat.

Sari, Nur Intan (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan menghafal Kosakata Bahasa Arab Pada siswa kelas IV Min 7 Langkat. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVERa.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB_III_SAYA.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB_IV_iya.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (404kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media Flashcard merupakan salah satu media berupa kartu bergambar yang dilengkapi dengan kata-kata yang dapat digunakan guru sebagai alat bantu untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran, meningkatkan kemampuan dalam menghafal dan menguasai kosakata dengan waktu singkat, menambah minat belajar dan menghindari adanya rasa bosan para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah/prosedur pembuatan media flashcard, validasi media flashcard,dan hasil uji coba pembelajaraan menggunakan media flashcard untuk kelas IV Min 7 Langkat. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan rumus Nilai Rata-rata dan rumus N-Gain Score. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa prosedur pembuatan media flashcard dengan menganalisis potensi dan masalh, pengumpulan data, validasi desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan Revisi produk. Dan hasil validasi media flashcard dari ahli materi mendapatkan nilai 92% yang berkategori sangat layak, dan dari ahli media mendapatkan 90% yang berkategori sangat layak. Dan hasil uji coba pembelajaran menggunakan media flashcard dengan perhitungan menggunakan rumus rata-rata bahwa siswa dikelas eksperimen mendapatkan nilai pretest sebesar 44,3% dan nilai posttest sebesar 87,1%, dan siswa di kelas kontrol mendapatkan nilai pretest 36,6%, dan nilai posttest sebesar 66,5% Dan hasil dari ujian pretest dengan menggunakan rumus N-Gain score bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 76%. Ini menunjukkan bahwa penerapan media flashcard pada kelas IV MIN 7 Langkat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 04 Feb 2025 02:28
Last Modified: 04 Feb 2025 02:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24430

Actions (login required)

View Item View Item