تصميم فيديو التعليم عن المفردات لطالب الصف السابع "الهيتمي بالمدرسةالمتوسطةنورالفضيلةديلي سيردانج

Siregar, Riski Maulida (2023) تصميم فيديو التعليم عن المفردات لطالب الصف السابع "الهيتمي بالمدرسةالمتوسطةنورالفضيلةديلي سيردانج. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Riski_Maulida_Siregar.pdf

Download (998kB)
[img] Text
Skripsi_Bab_1_Riski_Maulida_Siregar.pdf

Download (550kB)
[img] Text
Skripsi_Bab_2_Riski_Maulida_Siregar.pdf

Download (656kB)
[img] Text
Skripsi_Bab_3_Riski_Maulida_Siregar.pdf

Download (765kB)
[img] Text
Skripsi_Bab_4_Riski_Maulida_Siregar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Bab_5_Riski_Maulida_Siregar.pdf

Download (427kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_dan_Lampiran_Riski_Maulida_Siregar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur pembuatan video pembelajaran mufradat, validasi video pembelajaran mufradat dan hasil uji coba pembelajaran menggunakan video pembelajaran mufradat untuk kelas VII di SMP-IT Nurul Fadhilah Medan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan rumus Nilai Rata-rata dan rumus N-Gain Score. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa prosedur pembuatan video pembelajaran mufradat ini dengan menganalisis produk yang akan dikembangkan, mendesain produk, mengembangkan produk, uji coba lapangan dan evaluasi produk akhir. Dan hasil validasi video pembelajarann mufradat dari ahli materi mendapatkan nilai 6221 yang berkategori sangat layak, dan dari ahli media mendapatkan nilai 111 yang juga berkategori sangat layak, dan dari respon siswa mendapatkan nilai %21 yang juga berkategori sangat layak. Dan hasil uji coba pembelajaran dengan video pembelajaran mufradat dengan penghitungan menggunakan rumus rata-rata bahwa siswa dikelas eksperimen mendapatkan nilai pre test sebesar 77,71 dan nilai post test sebesar %0,11, dan siswa dikelas kontrol mendapatkan nilai pre test sebesar 73,21 dan nilai post test sebesar 7%1 Dan hasil dari ujian pre test dan post test dengan menggunakan rumus N-Gain Score bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 2,171 Ini menunjukkan bahwa penerapan video pembelajaran mufradat untuk kelas VII di SMPIT Nurul Fadhilah Medan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain, video pembelajaran, mufradat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:13
Last Modified: 31 Jul 2023 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20117

Actions (login required)

View Item View Item