Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di SMPN 4 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2021-2022

Marpaung, Adilla Fitri (2022) Pengaruh Strategi Active Learning Tipe Debat Aktif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII Di SMPN 4 Tanjung Balai Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_ADILLA_FITRI_MARPAUNG_.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_ADILLA_FITRI_MARPAUNG.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_ADILLA_FITRI_MARPAUNG.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPI_ADILLA_FITRI_MARPAUNG.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_ADILLA_FITRI_MARPAUNG.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_ADILLA_FITRI_MARPAUNG.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKANLAMPIRAN_ADILLA_FITRI_MARPAUNG.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar ips siswa sebelum dilaksanakannya strategi pembelajaran tipe debat aktif (2) Hasil belajar IPS siswa sesudah menggunakan strategi active learning tipe debat aktif. (3) Pengaruh startegi active learning tipe debat aktif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMPN.4 Tanjungbalai Masalah penelitian ini yang mana terdapat rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dikelas VIII di SMPN.4 Tanjungbalai. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada strategi active learning tipe debat aktif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN.4 Tanjungbalai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quisy eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN.4 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 231 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-4 dengan jumlah 25 orang dan kelas VIII-5 dngan jumlah siswa 25 orang pengumpulan data yang dilakukan menggunkan teknik tes. Soal pilihan berganda digunakan sebagai alat tes pengukur yang sebelumnya sudah diuji dan dianalisis dengan validasi dan reabilitas. Teknik analisis data berupa kuantitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran strategi active learning teradap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMPN.4 Tanjungbalai, dilihat dari nilai rata-rata post�test kelas eksperimen VIII-4 sebesar 84,28 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol VIII-5 sebesar 74,64. Perhitungan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t-hitung dengan t-tabel diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu nilai 5,9>1,7

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi active learning tipe debat aktif, Hasil belajar IPS siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Khoirunnisa Wardah Rizkia Surbakti
Date Deposited: 05 Dec 2023 13:48
Last Modified: 02 Jan 2024 17:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20807

Actions (login required)

View Item View Item