Nuzuliah, Sri (2018) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Tipe Think Pair Share (TPS) di MTs. Swasta PAB 1 Helvetia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Image (COVER)
cover.docx - Cover Image Download (68kB) |
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx - Accepted Version Download (65kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.docx - Accepted Version Download (23kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.docx - Accepted Version Download (369kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.docx - Accepted Version Download (64kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.docx - Accepted Version Download (109kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.docx - Accepted Version Download (17kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Accepted Version Download (15kB) |
Abstract
Kata-kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD), Tipe Think Pair Share (TPS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Think Pair Share (TPS) di MTs. SWASTA PAB 1 Helvetia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. SWASTA PAB 1 Helvetia Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas. Dari 4 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VII-D sebanyak 48 siswa sebagai kelas eksperimen A dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas VII-C sebanyak 49 siswa sebagai kelas eksperimen B dengan tipe Think Pair Share (TPS), dimana kedua kelas ini yang dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda. Sebelum tes ini ditetapkan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu diujicobakan di kelas VII-A MTs. SWASTA PAB 1 Helvetia untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua bagian yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Nilai rata-rata hasil pos-test kelas eksperimen A sebesar 84,896 dan nilai rata-rata hasil pos-test kelas eksperimen B sebesar 88,061 dan selisih nilai rata-rata hasil pos-test antara kelas eksperimen A dan B sebesar 3,165. Dari hasil analisis data pos-test kelas eksperimen A diperoleh L-hitung≤L-tabel yakni 0,118≤0,128, dan data pos-test kelas eksperimen B diperoleh L-hitung≤L-tabel yakni 0,116≤0,127. Sehingga data pos-test kedua kelas eksperimen berdistribusi Normal. Dari uji homogenitas data pos-test kedua sampel bersifat homogen, dimana c2hitung<c2tabel yaitu 0,462<3,841. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa -thitung<-ttabel yaitu -2,259<-1,662 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Think Pair Share (TPS) di MTs. SWASTA PAB 1 Helvetia.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Winda Triana |
Date Deposited: | 10 Dec 2018 05:53 |
Last Modified: | 10 Dec 2018 05:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4881 |
Actions (login required)
View Item |