Triana, Intan (2024) Efektivitas Guru Pendamping Dalam Proses Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tulaan, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_I.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB_II.pdf Download (535kB) |
![]() |
Text
BAB_III.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
BAB_IV.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
BAB_V.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
Daftar_Pustakaaa.pdf Download (1MB) |
Abstract
Guru pendamping yang efektif dapat menunaikan tugas dan fungsinya secara professional. Guru pendamping adalah guru yang mendampingi anak saat belajar di kelas. Guru pendamping bertindak sebagai jembatan dalam berinteraksi anatara guru inti, dan anak yang umumnya masih sulit berkonsentrasi dan fokus memperhatikan guru inti. Karena selain menjadi terapis juga membantu guru inti dalam memberikan pelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu,untuk mengetahui bagaimana program guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tulaan, untuk mengetahui bagaiman program efektivitas guru pendamping dalam proses pembelajaran di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal, desa Tula’an sebelum adanya guru pendamping, untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tulaan. Subjek dalam penelitian ini melibatkan guru pendamping, guru inti, dan kepala sekolah. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam 3 aspek yaitu: Program guru pendamping dalam membantu proses pembelajaran di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tulaan sudah baik dalam membantu rencana pembelajaran (RPP) dan membantu dalam membuat ide-ide pembelajaran, Program efektivitas guru pendamping dalam proses pembelajaran di Tk Aisyiyah Bustanul Atfal Tulaan sudah efektif dan baik. Dan proses pembelajaran di TK Aisyiah Bustanul Athfal Tulaan sudah sangat baik, guru pendamping membantu anak dalam banyak hal, seperti konsentrasi anak, partisipasi dalam kelas, sosialisasi, bersopansantun dan mengendalikan perilaku anak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 02:28 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 02:28 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |