Pengaruh Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Usia Sekolah Dasar

Lailatusyifa, Lailatusyifa (2024) Pengaruh Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Usia Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__Bab_I (1).pdf

Download (298kB)
[img] Text
3__Bab_II (1).pdf

Download (979kB)
[img] Text
4__Bab_III (1).pdf

Download (583kB)
[img] Text
5__Bab_IV (1).pdf

Download (660kB)
[img] Text
6__Bab_V (1).pdf

Download (444kB)
[img] Text
7__Pustaka.pdf

Download (176kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pop Up Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Usia Sekolah Dasar”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pop up book terhadap kemampuan membaca permulaan pada peserta didik usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan jenis non equivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I MIN 2 Labuhanbatu Selatan. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas I-A dengan 26 peserta didik diajarkan dengan menggunakan media pop up book sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas I-B dengan 26 peserta didik diajarkan dengan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas untuk mengetahui data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, kemudian uji t untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan berbantuan aplikasi SPSS 20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima menunjukkan terdapat pengaruh pop up book terhadap kemampuan membaca permulaan pada peserta didik usia sekolah dasar di kelas I MIN 2 Labuhanbatu Selatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 21 Jan 2025 05:08
Last Modified: 21 Jan 2025 05:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23546

Actions (login required)

View Item View Item