Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intelektualy) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 02 Aek Kanopan

Fazlina, Indri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intelektualy) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 02 Aek Kanopan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI INDRI COVER-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI INDRI BAB I-1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
SKRIPSI INDRI BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI INDRI BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI INDRI BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI INDRI BAB V-1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
SKRIPSI INDRI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa tanpa mengunakan model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) terhadap hasil belajar IPS di kelas V SD Muhammadiyah 02 Aek Kanopan, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) terhadap hasil belajar IPS kelas V SD di SD Muhammadiyah 02 Aekkanopan, (3) Pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy)terhadap hasil belajar IPS kelas V SD di SD Muhammadiyah 02 Aekkanopan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, sejangkan jenis penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperimen), dengan design penelitian pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini sebanya 2 kelas dengan jumlah keseluruhan 62 siswa yaitu Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol yang di tentukan dengan cara cluster random sampling. Temuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Hasil belajar IPS pada kelas kontrol (5-B) dengan menggunakan metode konvensional diperoleh nilai pretest sebesar 38,16 dan postest sebesar 54,19. (2) Hasil belajar IPS pada kelas eksperimen (5-A) dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) adalah pretest sebesar 39,81 sedangkan postest sebesar 79,03.. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 8,527>1,6671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 yang menyatakan terima dan tolak . Maka dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Muhammadiyah 02 Aek Kanopan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy), Hasil Belajar IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Mar 2023 08:03
Last Modified: 01 Mar 2023 08:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17902

Actions (login required)

View Item View Item