Sari, Bunga Permata (2022) Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas IV MIS An-Nur Bandar Khalipah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover bungaa p.s-1-1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I bunga p.s.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB II bunga p.s-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III bunga p.s-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV bunga p.s-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V bunga p.s-1.pdf Download (180kB) |
|
Text
DAPUS & LAMPIRAN bunga p.s-1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana keterampilan berbicara siswa dikelas kontrol tanpa menggunakan media gambar seri di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah, (2) Bagaimana keterampilan berbicara siswa dikelas experimen dengan menggunakan media gambar seri di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah, (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan berbicara siswa di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasy eksperimen), dengan design penelitian pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini sebanya 2 kelas dengan jumlah keseluruhan 38 siswa yaitu Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Temuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Keterampilan berbicara siswa dikelas kontrol tanpa menggunakan media gambar seri di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah diperoleh nilai rata-rata dari hasil tes awal (pretest) sebesar 58,20 sedangkan postest memperoleh 78,05, (2) Keterampilan berbicara siswa dikelas experimen dengan menggunakan media gambar seri di kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah diperoleh dari hasil tes awal (pretest) sebesar 68,72 sedangkan postest memperoleh 90,89, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media gambar dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV MIS An-Nur Bandar Khalipah dibuktikan dengan skor t hitung> t tabel dan skorsignifikansi < 0,05. Maka dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini dapat di terima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran menggunakan media gambar seri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MIS An-Nur Bandar Khalipah Tahun Ajaran 20211/2022.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar Seri, Keterampilan Berbicara |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 700 The arts > 740 Drawing and decorative arts 700 The arts > 740 Drawing and decorative arts > 741 Drawing and drawings |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr Muhammad Aditya |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 05:46 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 05:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17600 |
Actions (login required)
View Item |