Pengaruh Penggunaan Media Colour Geometry Terhadap Pengenal Bentuk Geometri di PAUD Raudhatul Hasanah Kota Tebing Tinggi

Hidayani, Namira (2022) Pengaruh Penggunaan Media Colour Geometry Terhadap Pengenal Bentuk Geometri di PAUD Raudhatul Hasanah Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI NAMIRA HIDAYANI.pdf

Download (825kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI NAMIRA HIDAYANI.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI NAMIRA HIDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI NAMIRA HIDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI NAMIRA HIDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI NAMIRA HIDAYANI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NAMIRA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Colour Geometry Terhadap Pengenalan Bentuk Geometri Anak di PAUD Raudhatul Hasanah Kota Tebing Tinggi.” Metodologi penelitian menggunakan pendekatan desain pretest dan postest. Populasi penelitian adalah siswa PAUD Rauhatul Hasanah Kota Tebing Tinggi dengan jumlah sampel 15 siswa kelompok eksperimen dan 15 siswa kelompok kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kreteria yang ditetapkan oleh penelitian. Teknik pengumpulan data dengan lembar test dan observasi. Alat pengolahan data uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media colour geometry terhadap pengenalan bentuk geometri di PAUD Raudhatul Hasanah Kota Tebing Tinggi. Dengan nilai thitung = 2,60 dengan taraf taraf α = 0,05 didapat tabel t pada dk 14 diperoleh nilai ttabel = 1,76131. Karena thitung > ttabel maka Ho : ditolak, Ha: diterima. Dan terdapat perbedaan pengenalan bentuk geometri antara siswa yang menggunakan media colour geometry dengan yang tidak menggunakan media colour geometry di PAUD Raudhatul Hasanah Kota Tebing Tinggi. Hal ini dibuktikan pada kelas yang menggunakan media colour geometry dengan nilai thitung = 2,583 dengan taraf α = 0,05 didapat tabel t pada dk 14 diperoleh nilai ttabel = 1,76131. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga hasil penelitian adalah signifikan. Sedangkan kelas yang tidak menggunakan media colour geometry dengan nilai thitung = 40 dengan taraf α = 0,05 didapat tabel t pada dk 14 diperoleh nilai ttabel = 1,76131. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga hasil signifikan. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pengaruh penggunaan media colour geometry terhadap pengenalan bentuk geometri pada anak, layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk pengenalan geometri pada anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Dec 2022 14:06
Last Modified: 16 Dec 2022 14:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16631

Actions (login required)

View Item View Item