Pengaruh Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di Sekolah Dasar

Wahyuni, Anggi Putri (2024) Pengaruh Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB_I (1).pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB_II (1).pdf

Download (855kB)
[img] Text
BAB_III (1).pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB_IV (1).pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB_V (1).pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (1).pdf

Download (860kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan jenis quasi experiment. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik sampling jenuh yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas II A berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan kartu huruf dan kelas II B berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media kartu huruf. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes performance (tes membaca permulaan) dengan menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian dari kedua kelas yaitu pada pretest memiliki nilai rata-rata (Mean) kelas eksperimen 52.50 dan kelas kontrol 49.69. Pada saat posttes memiliki nilai rata-rata (Mean) kelas eksperimen 80.94 dan kelas kontrol 59.69. Hasil hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 5.146 > 1.684 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Maka, hipotesis menyatakan bahwa media kartu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II di Sekolah Dasar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 Jan 2025 04:23
Last Modified: 20 Jan 2025 04:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23440

Actions (login required)

View Item View Item