Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD

Purba, Rahmayati Fitria (2024) Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__Bab_I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
3__Bab_II.pdf

Download (770kB)
[img] Text
4__Bab_III.pdf

Download (592kB)
[img] Text
5__Bab_IV.pdf

Download (711kB)
[img] Text
6__Bab_V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
7__Daftar_pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh Media Pembelajaran Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD yang dilatarbelakangi bahwa kurangnya minat membaca pada siswa kelas II SD cukup memprihatinkan dan pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung dikelas, siswa kurang antusias, sehingga masalah utama dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh media big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas II SD. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen bentuk Pre-Test Post-Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas II SD. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari aspek, yaitu: ketercapaian ketuntantasan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa secara klasikal, Aktivitas siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek di atas terpenuhi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data skor perolehan hasil kemampuan membaca siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes melalui membaca (observasi) dan soal pilihan berganda. Hasil analisis statistik deskriptif penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca permulaan siswa positif, kemampuan membaca siswa dengan menggunakan media big book menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan media big book. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai yang diperoleh adalah 11,30 dengan frekuensi db = 20-1 = 19, pada taraf signifikansi 5% diperoleh =1,72. Jadi atau hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis alternative ( ) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:29
Last Modified: 14 Jan 2025 05:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23160

Actions (login required)

View Item View Item