Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan Denai

Ansyah, Ridho (2021) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan Denai. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
cover_SKRIPSI_.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB_IVdocx.pdf

Download (768kB)
[img] Text
BAB_Vdocx.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRANdocx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini 1. Untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. 2. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. 3. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIS Nurul Hidayah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah semester II dengan jumlah 14 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan siswa pada pelajaran bahasa indonesia sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe STAD mencapai 25% hanya 5 siswa yang tuntas mencapai KKM. (2) hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatife tipe STAD pada siklus I mencapai 35% terdapat 8 siswa yang tuntas dan mencapai KKM. Sedangkan pada siklis II siswa yang tuntas dan mencapai KKM adalah 17 siswa dengan persentase 85%. Dan hal tersebut dapat diktakan telah mencapai klasikal belajar 85%. (3) hasil belajar siswa pra siklus adalah 25% dan siklus I 35% dan pada siklus II mencapai 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatife tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV siswa MIS Nurul Hidayah pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Kooperatife Tipe STAD
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 03 Dec 2023 11:39
Last Modified: 03 Dec 2023 11:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20777

Actions (login required)

View Item View Item