Pengembangan Media APE Kotak Abjad untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Kelompok B Raudhatul Atfhal Al Musa’adah Kec. Tebing Tinggi Kab. Sedang Bedagai

Hasanah, Widya (2022) Pengembangan Media APE Kotak Abjad untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Kelompok B Raudhatul Atfhal Al Musa’adah Kec. Tebing Tinggi Kab. Sedang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__COVER-min_(1).pdf

Download (482kB)
[img] Text
2__BAB_I-min_(1).pdf

Download (106kB)
[img] Text
3__BAB_II-min_(1).pdf

Download (194kB)
[img] Text
4__BAB_III-min_(1).pdf

Download (140kB)
[img] Text
5__BAB_IV-min_(1).pdf

Download (219kB)
[img] Text
6__BAB_V-min_(1).pdf

Download (66kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA-min_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk media pembelajaran media APE kotak abjad pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan 3 rumusan masalah yaitu: 1) bagaimana cara mengembangkan media APE kotak abjad untuk anak usia dini, 2) apakah media APE kotak abjad layak digunakan untuk anak usia dini, dan 3) apakah media APE kotak abjad dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di kelompok B RA AL�Musa‟adah Kec. Tebing Tinggi Kab. Serdang Bedagai. Penelitian ini merupakan model penelitian R & D atau Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk terebut. Strategi penelitian pengembangan ini menurut Sugiono yaitu, sebagai berikut: 1) Potensi dan masalah; 2) Pengumpulan data; 3) Desain Produk; 4) Validasi Desain; 5) Uji coba Produk; 6) Revisi Produk; 7) Uji coba pemakaian. Hasil penelitian Pengembangan media APE kotak abjad 1) cara mengembangkan media APE kotak abjad melalui 7 tahap, 2) hasil analisis penilaian validasi ahli media 80%, ahli bahasa 85%, dan respon guru terhadap media pembelajaran 90%, 3) media APE kotak abjad dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak sebesar 80,6%. Kemudian melalui hasil uji Normailitas Gain untuk melihat seberapa besar peningkatan hasil belajar anak sebelum dan sesudah menggunakan media APE kotak abjad. Hasil uji Normalitas Gain mencapai nilai 0,55 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa media APE kotak abjad yang dikembangkan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:59
Last Modified: 16 Aug 2023 03:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20242

Actions (login required)

View Item View Item