Pengaruh Media Pembelajaran Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI di Yayasan Madrasah Ibtidaiyah (YMI) Sinaksak, Kab. Simalungun

Sima, Shinta (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI di Yayasan Madrasah Ibtidaiyah (YMI) Sinaksak, Kab. Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengambil pengaruh pembelajaran animasi terhadap hasil belajar siswa IPA kelas V MI di Yayasan Madrasah Ibtidaiyah (YMI) Sinaksak, Kab. Simalungun. Bentuk penelitian yang menentukan ialah kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen. Rencana penelitian yang digunakan control group pretest-pottest. Oleh karena itu, populasi yang dijalankan yaitu semua kelas V MI di Yayasan Madrasah Ibtidaiyah (YMI) Sinaksak yang bertotal 2 kelas merupakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menerapkan cara random sampling, artinya ruang VA dipilih dengan asumsi tahap eksplorasi berjumlah 38 siswa dan ruang VB dengan asumsi tahap penguasaan berjumlah 35 siswa. Instrumen untuk agregasi realitas muncul sebagai pemeriksaan, konferensi, observasi, dan pengarsipan. Sedangkan metode pengumpulan infomasi puas dengan menggunakan studi, lembar wawancara, lembar diskusi, dan lembar pencatatan. Berdasarkan analisis yang telah dilaksanakan pada kelas V MI di Yayasan Madrasah Ibtidaiyah (YMI) Sinaksak, menyatakan bahwasannya pemanfaatan media pembelajaran yang diramaikan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap respon informasi di bidang sains. Sebab mampu mengamati menurut mean hitung yang diterima pada kelas eksperimen bertambah baik ketimbang kelas kontrol yaitu 32.43 30.29. Berlandaskan hasil uji-t memakaikan menggunakan SPSS mendapatkan nilai signifikan yakni 0.00-0.01 0.05, akhirnya Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, bisa disimpulkan maka adanya nampak pemakaian media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI di Yayasan Madrasah Ibtidaiyah (YMI) Sinaksak Kab.Simalungun, bahwa media animasi sanggup digunakan pendidik bermakna menambah akibat studi murid.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Hasil Belajar Siswa, IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Aug 2020 14:26
Last Modified: 06 Jun 2024 09:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9198

Actions (login required)

View Item View Item