Peran Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam

Aji, Dimas Wisnu (2018) Peran Pengawas Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Image (sampul)
SAMPUL DIMAS.pdf - Accepted Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK DIMAS.pdf - Accepted Version

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I DIMAS.pdf - Accepted Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB II DIMAS.pdf - Accepted Version

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III DIMAS-converted.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV DIMAS-converted.pdf - Accepted Version

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V DIMAS.pdf - Accepted Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DIMAS.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk. (1).Mengetahui peranan pengawas madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan. (2).Mengetahui bentuk-bentuk pembinaan profesionalitas guru di MTs Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan. (3).Mengetahuikendala-kendala yang dihadapi dalam pembinaan profesionalitas guru di MTs Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan. (4).Mengetahui faktor pendukung terlaksananya peran pengawas madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dalam bentuk deskriptif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan suatu keadaan atau sifat seperti adanya untuk kemudian dianalisis dengan teknik analisa kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 8 orang yang terdiri dari pengawas madrasah. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Temuan hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Peranan pengawas madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam. Peran pengawas madrasah telah melakukan supervisi akademik sesuai dengan rencana, dengan penerapan prinsip supervisi kontinyu, obyektif, konstruktif, humanistik dan Kolaboratif, melaksanakan supervisi akademik yang berkelanjutan rencana jangka panjang, jangka menengah, pendek, melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan dan masalah nyata yang dihadapi oleh guru, menempatkan peningkatan profesionalitas guru sebagai tujuan utama supervisi akademik. 2.Pembinaan yang dilakukan pengawas madrasah Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam, membuat KKM, Program Semester, Program tahunan, RPP, melaklukan pengawasan kekelas ketika guru sedang mengajar dan meberikan nilai kepada guru sehingga termotivasi untuk meningkatkan profesionalitasnya. 3.Kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembinaan profesionalitasnya ialah dalam kegiatan mengajar guru sulit memahami pribadi siswa, dan mengunakan fasilitas pembantu kegiatan mengajar. Dan dalam menerapkan penyempurnaan K13 ketika guru menyiapkan penyesuaian yang dengan kurikulum baru belum siap sudah dihadapkan dengan yang baru lagi guru sulit menghadapinya. 4.Solusi yang diberikan oleh pengawas madrasah dalam mengatasi pembinaan ialah mengadakan kunjungan kekelas atau observasi kekelas melihat lansgung kendala yang di hadapi guru, membimbing guru dalam menghadapi pribadi siswa, problem siswa dan membimbing dalam pelaksanaan kurikulum, mengadakan rapat terkait tentang permasalahan yang ada dan mengikut sertakan guru dalam kegiatan pennataran agar menambah wawasan guru. 5. Faktor pendukung terlakasananya peran pengawas madrasah dalam memingkatkan profesionalitas guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam ialah guru yang termotivasi dalam meningkatkan profesionalitasnya, pengawas madrasah dan kepala madrasah yang mendorong guru, membimbing guru dan membantu guru dalam meningkatkan profesionalitasnya dan waktu yang dilakukan pengawas dilakukan secara kontiniyu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kuci : Peran Madrasah, profesionalitas guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: ryan ariandi
Date Deposited: 07 Dec 2018 22:56
Last Modified: 26 Jun 2019 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4733

Actions (login required)

View Item View Item