Sari, Widya (2024) Strategi Guru IPS Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IPS di SMA Swasta Darussalam. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
![]() |
Text
1__cover.pdf Download (862kB) |
![]() |
Text
2__bab_I.pdf Download (366kB) |
![]() |
Text
3__bab_II.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
4__bab_III.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
5__bab_IV.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
6__bab_V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
7__Daftar_Pustaka_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IPS di SMA Swasta Darussalam Medan. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IPS di SMA Swasta Darussalam Medan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar dilakukan dengan cara merubah pandangan siswa bahwa belajar IPS menarik dan menyenangkan, mengembangkan strategi pembelajaran yang bervariasi, memperhatikan kondisi mental siswa, melibatkan siswa secara aktif, desain kelas yang dinamis, mendalami latar belakang siswa dan persoalan hidupnya, memberikan apresiasi/hadiah. Faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar siswa ada 2 yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri siswa itu sendiri dan faktor eksternal berasal dari orangtua, guru, teman sekelas dan lingkungan. Faktor penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa karena adanya rasa malas didalam diri yang siswa tidak ingin ubah, guru sebagai motivator tidak bisa melihat kondisi dan keadaan kelas, kurangnya pemahaman guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang menarik untuk siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 01:37 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 01:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |