Analisis Kesulitan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III DI SD AL - WASHLIYAH Jalan Ismailiyah

Saleh, Syafira Sahara (2024) Analisis Kesulitan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III DI SD AL - WASHLIYAH Jalan Ismailiyah. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I (1).pdf

Download (844kB)
[img] Text
BAB_II (1).pdf

Download (904kB)
[img] Text
BAB_III (1).pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB_IV (1).pdf

Download (832kB)
[img] Text
BAB_V (1).pdf

Download (682kB)
[img] Text
7_DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (449kB)

Abstract

Penelitian ini Berjudul “Analisis Kesulitan Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Al Washliyah jalan Ismailiyah” yang di latarbelakangi Pembelajaran bahasa Indonesia mengajarkan peserta didik keterampilan berbahasa yang baik dan benar sesuai dengan tujuan dan fungsinya, keterampilan membaca sangat penting bagi peserta didik, karena salah satu cara untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Kesulitan membaca adalah yang paling mendasar, karena membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa, bersama dengan menyimak, berbicara, dan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peserta didik: 1. Kesulitan membaca peserta didik kelas III SD Alwashliyah 2. Faktor-faktor dalam kesulitan membaca di kelas III SD Al Washliyah 3. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik kelas III SD Alwashliyah. Metode Penelitian ini adalah jenis kualitatif yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data yaitu, 1. observasi 2. Wawancara dan 3. Dokumentasi, di kelas III dengan peserta didik sebanyak 2 laki-laki dan 1 perempuan. Penelitian ini mengidentifikasi tiga masalah utama: (1) ketidakmampuan siswa dalam mengenal huruf, (2) kesulitan dalam melafalkan huruf, dan (3) ketidakmampuan membaca dengan lancar. Hasil Penelitian ini juga mengungkapkan 1. Kesulitan membaca peserta didik yaitu: -tidak mengenali huruf, - tidak lancar dalam membaca, -terbata-bata dalamm membaca. 2. Faktor-faktor penyebab kesulitan membaca peserta didik yaitu dilandasi oleh 1. Faktor intelektual, faktor psikologis, faktor lingkungan dan 3. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu: perserta didik di ajak dalam pengenalan huruf menggunakan media kartu bergambar, guru memberikan les tambahan di luar dari jam Pelajaran, guru memberikan dukungan juga motivasi kepada peserta didik. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang kesulitan membaca di SD Al Washliyah dan menawarkan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 07:18
Last Modified: 07 Feb 2025 07:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25087

Actions (login required)

View Item View Item