Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Pada Materi Mobilitas Sosial Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah PAB 4 Patumbak II

Arimbi, Nuriska Dwi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Stad Pada Materi Mobilitas Sosial Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah PAB 4 Patumbak II. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
1_Cover.pdf

Download (577kB)
[img] Text
2_Bab_I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
3_BAB_II.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4_BAB_III.pdf

Download (691kB)
[img] Text
5_BAB_IV.pdf

Download (490kB)
[img] Text
6_BAB_V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun ajaran 2023/2024, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mobilitas Sosial di kelas VIII MTs PAB 4 PATUMBAK II. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII PAB 4 Patumbak II. Sampel penelitian ini adalah tiga puluh siswa kelas VIII-A yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tiga puluh siswa kelas VIII-2 yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Soal pilihan ganda yang digunakan sebagai instrumen penelitian ada beberapa. Uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen pada materi mobilitas sosial jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini terjadi sepanjang penelitian berlangsung. Untuk lebih spesifik, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari 57,83 skor pada pretest menjadi 81,67 skor pada posttest, dengan nilai signifikansi 0,000, yang kurang dari ambang batas 0,05. Setelah pretest, kelas kontrol memiliki skor hasil belajar rata-rata 57,84, dan setelah posttest, memiliki skor 74,24. Nilai signifikansi untuk pengamatan ini adalah 0,000, yang kurang dari 0,005. Setelah adopsi pembelajaran kooperatif STAD, kelas eksperimen mampu mencapai hasil belajar rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kinerja kelompok kontrol dalam hal hasil belajar rata-rata lebih rendah daripada kelompok eksperimen. Siswa di kelas eksperimen memiliki skor hasil belajar rata-rata yang lebih tinggi dari ambang batas penyelesaian siswa minimal 75. Ini adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan. Hasil uji t-sampel independen menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata 78,67 dengan simpangan baku 7,871 poin. Dengan skor rata-rata 72,73 dan simpangan baku 5,994, kelompok kontrol mencatat skor rata-rata tertinggi. Jika dibandingkan dengan model pembelajaran tradisional, hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD menghasilkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang lebih besar daripada model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda, yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD pada topik mobilitas sosial dalam mata pelajaran IPS memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah PAB 4 Patumbak II.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 03:24
Last Modified: 07 Feb 2025 03:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24992

Actions (login required)

View Item View Item