Penanaman Sikap Toleransi Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII Di SMP Islam Plus Al Ikhlas Taqwa

Sari, Cindi Nurmala (2024) Penanaman Sikap Toleransi Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS Pada Kelas VIII Di SMP Islam Plus Al Ikhlas Taqwa. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__Bab_I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
3__Bab_II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
4__Bab_III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
5__Bab_IV.pdf

Download (728kB)
[img] Text
6__Bab_V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
7__dafatr_pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Penanaman sikap toleransi sosial siswa melalui pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Islam Plus Al Ikhlas Taqwa, dan 2) Faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap toleransi siswa kelas VIII di SMP Islam Plus Al Ikhlas Taqwa. Metedologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penanaman sikap toleransi sosial siswa melalui pembelajaran IPS adalah dengan mengaitkan materi pembelajaran IPS dengan materi Pluralitas Masayarakat Indonesia, dengan mempelajarai materi tersebut maka siswa dapat memahami untuk bersikap toleransi, dan pada materi tersebut siswa dapat mendiskusikannya secara berkelompok, dan dengan memberikan teladan yang baik dalam bersikap toleransi. 2) Faktor pendorong dalam menanamkan sikap toleransi yaitu kebijakan sekolah, rasa peduli, dan menghargai perbedaan. Faktor penghambat yaitu mementingkan diri sendiri dan memilih dalam berteman.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:31
Last Modified: 06 Feb 2025 08:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24902

Actions (login required)

View Item View Item