Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas V di SD IT Al-Fatih Banda Setia

Arfiyani, Siti Mauliza (2024) Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas V di SD IT Al-Fatih Banda Setia. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__bab_I_(1).pdf

Download (473kB)
[img] Text
3__bab_II_(1).pdf

Download (732kB)
[img] Text
4__bab_III_(1).pdf

Download (705kB)
[img] Text
5__Bab_IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
6__bab_V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
7__pustaka_(1)_compressed.pdf

Download (959kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas V di SD IT Al-Fatih Bandar Setia yang didasari oleh penguasaan siswa terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi masi tergolong rendah sehingga mengakibatkan keterampilan menulis siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar berseri terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas V di SD IT Al-Fatih Bandar Setia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen jenis Pre-Test Post-Test Control Group Design. Data yang dikumpulkan dan di analisis menggunakan bantuan SPSS versi 20 dengan fokus perbandingan nilai pertest dan posttest untuk kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas V di SD IT al-Fatih Bandar Setia dipengaruhi oleh media gambar berseri. Dikelas eksperimen dengan nilai rata-rata 90,73 dan di kelas kontrol dengan nilai rata-rata 68,83. Hasil hipotesis menggunakan Independen Sample T-Test menggunakan SPSS versi 20 menyatakan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,00 pada kolom T- Test Equality Of Means. Nilai tersebut jauh lebih kecil dari batas signifikan yang umum digunakan adalah 0,05 (0,00 < 0,05) dikelas eksperimen maka dapat ditolak dengan kuat dan dapat diterima. Hal ini berarti media gambar berseri terbukti secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik di SD IT AlFatih Bandar Setia yang menegaskan pengaruh yang positif dari media gambar berseri. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang sifnifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik kelas V di SD IT Al-fatih Bandar Setia.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 06:19
Last Modified: 05 Feb 2025 06:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24704

Actions (login required)

View Item View Item