Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA

Maharani, Afni (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__Bab_I.pdf

Download (739kB)
[img] Text
3__Bab_II.pdf

Download (838kB)
[img] Text
4__Bab_III.pdf

Download (550kB)
[img] Text
5__Bab_IV.pdf

Download (702kB)
[img] Text
6__Bab_V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
7__pustaka_ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Contextual Taeching and Learning terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik di kelas V SD IT AL Hijrah 2 Deli Serdang Laut Dendang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif, kemudian menggunakan desain Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SD IT AL Hijrah 2 Deli Serdang yaitu dari kelas I sampai kelas VI. Sedangkan untuk sampel penelitian ini yaitu kelas V A (sebagai kelas kontrol) dan kelas V B (sebagai kelas eksperimen). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih berpengaruh secara signifikan dibanding dengan kemampuan kolaborasi peserta didik dengan model konvensional. Penelitian dilakukan selama dua kali pertemuan masing�masing kelas kontrol dan eksperimen. Pada kelas eksperimen nilai persentase rata-rata peserta didik setelah mendapatkan perlakuan pada pertemuan pertama adalah 73.3 % (Tinggi) dan untuk pertemuan kedua yaitu 83.3 % (Sangat Tinggi). Sedangkan untuk kelas kontrol untuk pertemuan pertama mendapat persentase rata-rata sebesar 63.3 % (Tinggi) untuk pertemuan pertama dan untuk pertemuan kedua mendapat nilai rata-rata persentase 76.6 % (Tinggi). Kemudian untuk pengujian hipotesis pada kelas eksperimen dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai taraf signifikan (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,001. Yang mana artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat simpulan bahwasanya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat berpengaruh meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 07:10
Last Modified: 04 Feb 2025 02:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24423

Actions (login required)

View Item View Item