Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTs Cerdas Murni

Hafizah, Casyariadi Vana (2024) Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTs Cerdas Murni. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER-CVH.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB_I-CVH.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB_II-CVH_compressed.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB_III-CVH.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB_IV-CVH.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB_V-CVH.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA-CVH.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru di MTs Swasta Cerdas Murni. Iklim kerja di sini mencakup kondisi fisik, sosial, dan psikologis di lingkungan kerja guru, yang meliputi aspek seperti dukungan manajerial, komunikasi antar rekan kerja, dan tingkat keamanan yang dirasakan. Metode Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan Kuisioener/Angket sebagai alat pengumpulan data nya serta data pendukung lainnya. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di MTs Swasta Cerdas Murni, sehingga keseluruhan populasi dalam penelitian ini adalah sampel yakni berjumlah 30 guru (studi populasi). Berdasarkan hasil penelitian dan hipotesis menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan antara iklim kerja terhadap kinerja guru di MTs Swasta Cerdas Murni. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan, ditemukan adanya pengaruh antara variabel iklim kerja terhadap kinerja guru di MTs Swasta Cerdas Murni. Hasil pengujian hopitesis dengan uji T menunjukkan bahwa t hitung = 2,976, df=n-2 =30-2=28. Nilai t tabel = 2,048, pada taraf 0,05. Karena t hitung ≥ t tabel yakni = 2,976 ≥ 2,048, dengan nilai signifikansi 0,006 (6%) dapat disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Hal ini didukung dengan hasil uji regresi sederhana yang mengatakan hubungan antara kedua variabel, Y = 30,705 + 1,456X. Makna dari persamaan regresi ini adalah jika iklim kerja nilainya adalah 0, maka kinerja guru nilainya 30,705. Nilai koefisien regresi variabel kinerja guru (b) adalah 1,456; ini dapat diartikan bahwa setiap peningkatan iklim kerja 1% maka kinerja guru meningkat 1,456. Selanjutnya, pada uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R square sebesar = 0,240 hal ini berarti variabel iklim kerja mempengaruhi variabel kinerja guru sebesar 24%. Dengan demikian, kinerja guru di MTs Swasta Cerdas Murni 24% di pengaruhi oleh iklim kerja yang ada dan 76% di pengaruhi oleh faktor-faktor lain atau sebab-sebab yang lain di luar variabel yang diteliti. Meskipun demikian, dapat di sarankan bagi guru dan Kepala Sekolah untuk senantiasa meningkatkan kinerjanya agar mampu mencapai tujuan dari sekolah secara efektif dan efisien.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 03:27
Last Modified: 03 Feb 2025 03:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24414

Actions (login required)

View Item View Item