Upaya Guru PAI Dalam Membetuk Karakter Bersahabat Dan Komunikatif Siswa Di SMA Swasta Budi Agung Medan

Nasution, Yuyun Nona Triana Br. (2024) Upaya Guru PAI Dalam Membetuk Karakter Bersahabat Dan Komunikatif Siswa Di SMA Swasta Budi Agung Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_FULL_YUYUN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_YUYUN.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB_II_YUYUN.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB_III_YUYUN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB_IV_YUYUN.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB_V_YUYUN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Daftar_pustaka_dan_lampiran_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter bersahabat dan komunikatif pada siswa di SMA Swasta Budi Agung Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai strategi, termasuk memberikan nasehat rutin, menyelenggarakan pengajian mingguan dan bulanan, serta melaksanakan sholat berjamaah dan setoran hafalan Al-Qur'an. Upaya ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Islam yang mendasari karakter bersahabat dan komunikatif, seperti ukhuwwah (persaudaraan), ihsan (berbuat baik), dan tasamuh (toleransi). Tanggapan peserta didik terhadap upaya ini umumnya positif, dengan siswa merasa lebih memahami nilai-nilai agama dan mampu mempraktikannya dalam interaksi sosial mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi upaya tersebut berkontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter siswa yang lebih baik dalam aspek sosial dan komunikasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 03 Feb 2025 02:06
Last Modified: 03 Feb 2025 02:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24371

Actions (login required)

View Item View Item