Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 060913 Medan Tembung

Rizky, Seri (2024) Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 060913 Medan Tembung. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_Seri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_Seri.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB_II_Seri.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB_III_Seri.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB_IV_Seri.pdf

Download (646kB)
[img] Text
BAB_V_Seri.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 060913 Medan Tembung dilatar belakangi masalah yaitu, 1) Siswa tidak tertarik dengan proses pembelajaran yang terjadi di kelas, 2) Siswa merasa bosan dengan metode pembelajaran yang digunakan, 3) Guru belum berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran, 4) Materi tentang keberagaman suku dan budaya Indonesia dirasa sulit oleh siswa dikarenakan sulit diingat dan tidak terlihat visualnya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh media Scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 060913 Medan Tembung. Metodologi penelitian ini adalah studi kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling merupakan teknik pengambilan sampel dalam satu populasi yang di ambil secara random, dari teknik tersebut didapatkan siswa kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan IV-B kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan pre-tes dan post-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh media pembelajaran Scrapbook. Di kelas eksperimen, nilai rata-rata posttest adalah 86,05 dan kelas kontrol sebesar 61,00. Hasil penelitian diperoleh bahwa, setelah dianalisis dengan uji independent simple t-test menunjukan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 yang berarti Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media Scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 060913 Medan Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:31
Last Modified: 14 Jan 2025 05:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23173

Actions (login required)

View Item View Item