Nurhaliza, Siti (2024) Implementasi Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Intrakurikuler Keagamaan di MTS N 3 Langkat. Masters thesis, UIN Sumatera Utara.
Text
COVER_(1).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_I.pdf Download (530kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB_III_(1).pdf Download (588kB) |
|
Text
BAB_IV_LIZA.pdf Download (825kB) |
|
Text
BAB_V.pdf Download (464kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Moderasi beragama adalah cara pandang dan cara bersikap tegas dalam menyikapi dan menghargai perbedaan ras, suku, budaya, serta adat istiadat dalam beragama, agar dapat menjaga kesatuan antar umat beragama dan mampu memelihara kesatuan NKRI. Namun dengan perbedaan tersebut di MTs N 3 Langkat tersebut tidak menutup kemungkinan terjadinya perkelahian, pembulyan antar teman bahkan membuat kelompok-kelompok kecil dalam pertemanan, maka dari itu penerapan nilai-nilai moderasi beragama yang diterapkan di MTs N 3 Langkat ini mampu memberikan dan mengadakan penerapan nilai-nilai moderasi beragama tersebut agar tidak membeda-bedakan antara yang satu dengan yang lain, yang dapat saling menghargai dan menghormati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan dan evaluasi integarasi nilai-nilai moderasi beragama dalam interakurikuler keagamaan di MTs N 3 Langkat. Hasil atau temuan penelitian ini adalah di MTs N 3 langkat telah menerapkan nilai-nilai moderasi beragama, seperti nilai komitmen kebangsaan dengan melaksanakan upacara setiap hari senin dan hari-hari besar nasional lainnya, nilai toleransi dengan menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai dengan orang lain, nilai anti kekerasan dengan mengupayakan menempelkan poster-poster stop bullying serta nilai akomdatif budaya lokal dengan memakai pakaian adat pada setiap hari jum’at dan pada hari besar lainnya yang telah ditetapkan, serta banyak nilai lainnya seperti bersalaman, membaca Al-Qur’ān, disiplin, jujur, shalat dhuha dan shalat dzuhur sehingga mereka sudah terbiasa untuk menerapkan nilai-nilai moderasi beragama agar dapat saling menghargai dan menghormati dan tidak membeda-bedakan satu sama lain di tengah-tengah banyaknya perbedaan. Maka dari itu diharapkan agar pihak sekolah lebih fokus dalam penerapan nilai-nilai moderasi beragama tersebut.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.07 Islam dan Materialisme |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 03:42 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 03:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23163 |
Actions (login required)
View Item |