Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Fikih Di MTS PAB 1 Helvetia Medan

Br. Tarigan, Cut Ayni Shaleha (2021) Pengaruh Kemampuan Guru Dalam Mengelola Kelas Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Fikih Di MTS PAB 1 Helvetia Medan. Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
1__COVER-min_(2).pdf

Download (396kB)
[img] Text
2__BAB_I-min_(2).pdf

Download (128kB)
[img] Text
3__BAB_II-min_(2).pdf

Download (266kB)
[img] Text
4__BAB_III-min_(2).pdf

Download (167kB)
[img] Text
5__BAB_IV-min_(2).pdf

Download (233kB)
[img] Text
6__BAB_V-min_(2).pdf

Download (74kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA-min_(2).pdf

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas di MTs Pab 1 Helvetia, untuk mengetahui minat belajar siswa, untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan guru dalam mengelola kelas terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII di MTs Pab 1 Helvetia. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif Korelasional yaitu penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi anatar dua variable atau lebih. Adapun populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII MTs Pab 1 Helvetia yaitu sebanyak 188 siswa, sedangkan sample penelitian ini diambil berdasarkan pendapat suharsimi arikunto yang menyatakan bahwa “untuk sekedar ancer-ancer maka apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Selanjutnya jika jumlah subjeknya besar dapat diambil antara 10%-15% atau 20%-25%”. Didalam penelitian ini, penulis menetapkan bahwa yang menjadi sample penelitian adalah 15% dari seluruh populasi yaitu 28 siswa kelas VIII MTs Pab Helvetia, yang terdiri dari 7 orang kelas VIII-A, 7 orang VIII-B, 7 oarang VIII-C, dan 7 orang VIII-D. Data diperoleh dari daftar angket dan daftar nilai siswa. Dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan guru dalam mengelola kelas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa, hal ini dapat diketahui dari perhitungan diperoleh r hitung lebih besar dari r tabel (1.31 > 0,374). Sedangkan untuk mengukur signifikan dari ketiga variable digunakan uji t dengan hasil t hutung lebih besar dari t tabel (7,91 > 2.06). Selanjutnya untuk melihat seberapa besar pengaruh antar variabel digunakan rumus Koefisien Determinasi dengan hasil perhitungan 71%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru dalam mengelola kelas, Minat belajar siswa, dan Hasil belajar siswa
Subjects: 2X4 FIQH
2X4 FIQH > 2X4.02 Ushul Fiqh
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Mickael Halomoan Harahap
Date Deposited: 02 Dec 2023 13:42
Last Modified: 02 Dec 2023 13:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20728

Actions (login required)

View Item View Item