Sara, Yuni (2022) Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIN 1 Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
| 
              
Text
 Cover YUNI.pdf Download (407kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf Download (351kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Download (119kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DApus.pdf Download (895kB)  | 
          
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonsesia kelas IV MIN 1 Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas IV-A (kelas eksperimen) yang berjumlah 23 siswa dan kelas VI-B (kelas kontrol) yang berjumlah 25 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji Mann- Whitney. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Kemampuan membaca siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional (Ceramah) diperolehqnilai rata-rataqpada pre-testqsebesar 40 dan post- testqsebesar 70. (2) Hasil kemampuan membaca siswa yang diajarkan dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) diperoleh nilai rata-rata padaqpre-test 53 danqpost-test 87. (3) Terdapat pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV MIN 1 Mandailing Natal. iHal iini dibuktikan idengan ihasil iuji imann whitney idengan inilai i Zhitung sebesar -3,852 denganqnilai Sig. 0,000 isehingga iHa iditerima idan iHo iditolak ikarena i0,000 i< i0,05. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 1 Mandailing Natal.
| Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia | 
| Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi | 
| Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar | 
| Date Deposited: | 21 Jun 2023 10:01 | 
| Last Modified: | 21 Jun 2023 10:01 | 
| URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19646 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 


 ["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]
 ["Plugin/Screen/EPrint/Box/Plumx:title" not defined]