Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Di Kelas IV MIS Az Zuhri Tanjung Morawa

Hasibuan, Afriyani Syahfitri (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Di Kelas IV MIS Az Zuhri Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
6_BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah1) mengetahui Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada pelajaran Matematika materi bangun datar. 3)Untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada pelajaran Matematika materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. yang merupakan beberapa tahapan siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Az Zuhri Tanjung Morawa dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan 16 siswa laki-laki. Pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan Observasi, Wawancara, dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) hasil belajar siswa sebelum diterapkan model problem based learning (PBL) hanya tercapai ketuntasan klasikal 16,66 % dengan jumlah siswa yang tuntas 5 siswa. 2) Hasil belajar siswa setelah menerapkan model problem based learning (PBL) dapat dikatakan meningkat pada siklus I dimana hasil belajar dengan ketuntasan klasikal 36,66 % dengan jumlah siwa yang tuntas sebanyak 11 siswa. Dan pada siklus II terlihat hasil ketuntasan klasikal siswa 76,66% dengan jumlah siswa yang tuntas 23 siswa. 3) dilihat dari antusias peserta didik dalam pembelajaran, siswa aktif dan senang dengan diterapkan nya model pembelajaran ini. Dengan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 May 2023 04:40
Last Modified: 23 May 2023 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19314

Actions (login required)

View Item View Item