Peran Orang Tua dan Guru Pada Minat Belajar Dalam Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan

Ardilla, Nur (2022) Peran Orang Tua dan Guru Pada Minat Belajar Dalam Kemampuan Membaca Siswa di SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Ardilla.pdf

Download (630kB)
[img] Text
BAB I Ardilla.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB II Ardilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
BAB III Ardilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV Ardilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB V Ardilla.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Ardilla.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan membaca siswa, (2) Peran guru dan orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa, (3) Faktor pendukung dan penghambat guru dan orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu: (1) Kemampuan membaca siswa tergantung dari kemauan siswa untuk belajar membaca. Hal ini disebabkan karena adanya faktor orang tua, keluarga dan kesadaran siswa masih rendah dalam belajar membaca. (2) Peran guru pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yaitu yaitu guru sebagai organisator, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing dan guru sebagai motivasi, sedangakan Peran orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yaitu orang tua sebagai pendidik bagi anak, orang tua sebagai guru dan orang tua sebagai fasilitator, (3) Faktor pendukung dan penghambat guru dan orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yaitu: a). Faktor pendukung guru pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yakni sarana dan prasarana, waktu khusus sebelum masuk jam pelajaran dan keluarga. b). Faktor penghambat guru pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yakni keluarga, siswa dan lingkungan. sedangkan yaitu: a). Faktor pendukung orang tua pada minat belajar dalam kemampuan membaca siswa yakni adanya peran guru wali kelas disekolah yang meluangkan waktu khusus untuk mengajar kan siswa yang tidak bisa membaca. b). Faktor penghambat orang pada minat belajar dalamkemampuan membaca siswa yakni faktor pendidikan orang tua masih rendah, kurangnya kesadaran anak dalam belajar membaca, dan lingkungan keluarga yang belum mencontohkan kebiasaan membaca, padahal jika orang tua dan keluarga memberikan contoh yang baik anak akan meniru apa yang dicontohkan orang tua dan keluarga

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua dan Guru, Minat Belajar, Kemampuan Membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:41
Last Modified: 14 Dec 2022 03:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16597

Actions (login required)

View Item View Item