Pengaruh Penggunaan Streaming Facebook Terhadap Minat Belajar Siswa/I Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial di Kelas VII SMP N 1 Laut Tador Batu Bara

Sinaga, Ivo Fatmala (2024) Pengaruh Penggunaan Streaming Facebook Terhadap Minat Belajar Siswa/I Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial di Kelas VII SMP N 1 Laut Tador Batu Bara. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__BAB_I.pdf

Download (396kB)
[img] Text
3__BAB_II.pdf

Download (661kB)
[img] Text
4__BAB_III.pdf

Download (597kB)
[img] Text
5__BAB_IV.pdf

Download (531kB)
[img] Text
6__BAB_V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
7__pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran dapat di defenisikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun non fisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antar tenaga pendidik dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Streaming Facebook Terhadap Minat Belajar Siswa/I Pada Mata Pelajaran IPS Materi Interaksi Sosial di Kelas VII SMP N 1 Laut Tador Batu Bara. Menggunakan metode penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen Design. Dengan memberikan pretest dan posttest pada dua kelompok sampel, yakni kelas control dan kelas eksperimen, dimana kelas ekperimen diberikan perlakuan menggunakan media video dan kelas control tidak menggunakan media video. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta setelah melalui rangkaian proses analisis data dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan streaming facebook terhadap minat belajar siswa/I pada mata pelajaran IPS materi interaksi sosial di kelas VII SMP N 1 Laut Tador. Sedangkan untuk membandingkan perbedaan hasil dari minat belajar siswa yang dilakukan dengan Uji Independent Sample T Test diperoleh hasil sig. 0,000 < 0,05. Dan diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3.927 > 1,669 dengan taraf siginifikan 0,5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan streaming facebook dengan penerapan pembelajaran interaksi sosial di kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 05:01
Last Modified: 07 Feb 2025 05:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25052

Actions (login required)

View Item View Item