Identifikasi Hambatan Pendidik pada Pembelajaran Biologi Secara Daring di SMA Se Kecamatan Babalan

Heniwansyah, Heniwansyah (2021) Identifikasi Hambatan Pendidik pada Pembelajaran Biologi Secara Daring di SMA Se Kecamatan Babalan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_HENIWANSYAH.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB_1.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_HENIWANSYAH-dikompresi_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran daring dapat diartikan sebagai sebuah interkasi antara pengajar dan pembelajar yang dibangun dalam jaringan melalui komputer atau alat elektronik lain. Pembelajaran daring dimulai pada tahun 2020 yang diakibtakan karena kehadiran virus yang dikenal dengan Corona Virus Infection Disease-19 (Covid-19) yang mengakibatkan seluruh jenjang pendidikan dipaksa untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring (online). Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengetahui hambatan pendidik pada pembelajaran biologi secara daring di SMA se Kecamatan Babalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dengan subjek dalam penelitian ini yaitu guru biologi, dan seluruh siswa kelas XI SMA se Kecamatan Babalan dengan jumlah siswa 135 orang. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami banyak hambatan selama proses pembelajaran biologi secara daring, meliputi tiga proses yaitu hambatan dalam perencanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 65,1%, hambatan dalam pelaksaanaan proses pembelajaran rata-rata sebesar 66,4%, dan hambatan dalam penilaian proses dan hasil pembelajaran rata-rata sebesar 63,75%. ketiga hambatan selama proses pembalajaran biologi ini dikategorikan dalam hambatan tinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 17 Nov 2023 04:25
Last Modified: 17 Nov 2023 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20516

Actions (login required)

View Item View Item