Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Kelas XI MAN 2 Labura

Badariyah, Cahaya (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Pencernaan Kelas XI MAN 2 Labura. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_Cahaya.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB_l.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN_cahaya_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Snowball Throwing terhadap hasil belajar biologi siswa serta melihat perbandingan apakah penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 2 Labura dengan jumlah sampel 34 siswa untuk masing-masing kelompok yaitu XI Mipa2 sebagai kelaseksperimen dan XI Mipa3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan teknik pengumpulan data dengan lembar tes berupa pilihan berganda. Alat pengolah data validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan analisisnya menggunakan uji paired sampel t test dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi sistem pencernaan di kelas XI MAN 2 Labura. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Paired Sample T Test dengan nilai sig < 0,05. (2) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional pada materi sistem pencernaan di kelas XI MAN 2 Labura. Hal ini dapat dilihat dari nilai ratarata pada kelas eksperimen adalah 80,29 sedangkan pada kelas kontrol yaitu ratrata 70,44. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran biologi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:11
Last Modified: 01 Sep 2023 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item