Desain Media Pembelajaran “Kartu Domino Arab” dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ilmi Langkat

Ayu, Nanda Resti (2021) Desain Media Pembelajaran “Kartu Domino Arab” dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Nurul Ilmi Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_compressed.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB_II_(2).pdf

Download (729kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_compressed_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa kartu domino Arab pada pembelajaran kosakata bahasa Arab serta untuk medeskripsikan dan mengetahui hasil setelah pengujian produk berupa media pembelajaran kartu Domino Arab dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R&D. Prosedur pengembangan pada penelitian ini untuk kelas VIII dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, implement, evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes pengukuran dan tes penilaian. Pada tes pengukuran yaitu dengan melaksanakan pre-test dan post test. Sedangkan tes penilaian yaitu dengan validasi media pembelajaran dengan menggunakan kuesioner (angket) oleh ahli media dan ahli materi. Respon siswa dalam uji coba produk memperoleh nilai dengan skor rata-rata 50,75 dengan kategori “positif”. Sedangkan hasil pre-test yang dilaksanakan di kelas eksperimen menunjukkan skor rata-rata yaitu 59,58 dan hasil post-test yang dilaksanakan di kelas eksperimen menunjukkan skor rata-rata yaitu 82,91. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab dengan selisih nilai sebesar 23 poin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:00
Last Modified: 01 Sep 2023 04:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20310

Actions (login required)

View Item View Item