Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book “Keberagaman Budaya di Sumatera Utara” untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di MIS Mutiara Sei Mencirim

Mufa Sj, Nurazizah (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book “Keberagaman Budaya di Sumatera Utara” untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di MIS Mutiara Sei Mencirim. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
2__BAB_I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
3__BAB_II.pdf

Download (332kB)
[img] Text
4__BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5__BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6__BAB_V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa, yang disebabkan oleh media pembelajaran yang kurang berinovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran materi keberagaman budaya di Sumatera Utara dan tingkat kevalidan, kepraktisan serta keefektivan media yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian 4D (Define,Design,Develop, and Deeseminate). Tahapan penelitian yang dilakukan secara garis besar terdiri dari tahapan pengembangan produk, tahapan validasi produk, dan tahapan uji coba produk pada sampel dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV MIS Mutiara Sei Mencirim 24 orang. Adapun hasil yang diperoleh adalah bahwa pengembangan pop up book ini dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hasil kevalidan pop up book ini diuji dari validitas ahli media dan ahli materi mendapatkan skor rata-rata yakni 90,5% dengan kategori “sangat valid”. Selanjutnya hasil kepraktisan pop up book ini diuji dengan angket respon siswa dan guru diperoleh skor rata – rata yaitu 96,5% dengan kategori “sangat praktis”. Selain itu, hasil keefektivan produk modul di uji dengan soal Pretest – Posttest yang selanjutnya dihitung dengan uji N – Gain Score, adapun nilai rata – rata pretest siswa memperoleh nilai 56,8 dan nilai rata – rata Posttest siswa diperoleh nilai 92.9 , selanjutnya hasil N-Gain Score yakni 83,2% dengan kategori “efektif”. Sehingga media pembelajaran Pop Up Book dikategorikan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV pada materi keberagaman budaya di Sumatera Utara

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:08
Last Modified: 30 Aug 2023 02:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20287

Actions (login required)

View Item View Item