Keterampilan Guru dalam Membentuk Karakter Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS di SMP Al-Hikmah, Marelan

Zahra, Dinda Fauziah (2022) Keterampilan Guru dalam Membentuk Karakter Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS di SMP Al-Hikmah, Marelan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_dinda_baruu.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Bab_1_dinda.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Bab_2_dinda.pdf

Download (619kB)
[img] Text
Bab_3_dinda_baru.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Bab_4_dinda.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Bab_5_dinda.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar_pustaka_dan_lampiran_dinda.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) mengetahui keterampilan dasar mengajar guru di SMP Al-Hikmah, Marelan. 2) untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam membentuk karakter sosial melalui pembelajaran IPS di SMP Al-Hikmah, Marelan. 3) untuk mengetahui hasil dari penanaman karakter sosial peserta didik yang diterapkan guru di SMP Al-Hikmah, Marelan. Penelitian yang dilakukan ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) keterampilan mengajar terdiri dari 8 keterampilan diantaranya keterampilan membuka dan menutup pelajaran, variasi, bertanya, menjelaskan, penguatan, mengelola kelas, kelompok kecil, dan perorangan. 2) strategi dilakukan dengan suatu kebiasaan baik, secara berulang agar peserta didik terbiasa melakukan karakter sosial seperti bergaul, berkomunikasi, kerja sama, tolong menolong, dan toleransi. 3) ada lima karakter sosial yang ada dalam peserta didik diantaranya bergaul, berkomunikasi, kerja sama, tolong menolong, dan toleransi. Semua karakter itu sangat diperlukan peserta didik untuk diterapkan dalam lingkungannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:47
Last Modified: 16 Aug 2023 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20244

Actions (login required)

View Item View Item