Pemanfaatan permainan bisik berantai untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa kelas IX MTs Nurul Ilmi Langkat

Saskia, Arini (2021) Pemanfaatan permainan bisik berantai untuk meningkatkan keterampilan mendengar siswa kelas IX MTs Nurul Ilmi Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)
[img] Text
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] Text
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB_V_.pdf

Download (362kB)
[img] Text
LAMPIRAN_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan maharah istima’ siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Nurul Ilmi Langkat sebelum dan sesudah penggunaan bisik berantai serta mendeskripsikan pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan maharah istima’ siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi secara berurutan. Objek penelitian ini adalah kemampuan maharah istima’ siswa sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian ini adalah penggunaan media permainan bisik berantai dapat meningkatkan kemampuan maharah istima’ siswa kelas IX. Hal tersebut dapat di buktikan dengan peningkatan nilai rata-rata maharah istima’ siswa sebelum dan sesudah penggunaan permainan bisik berantai. Adapun nilai rata-rata maharah istima’ siswa sebelum penggunaan permainan bisik berantai atau pra sisklus adalah sebesar 58,92% yang artinya kemampuan maharah istima’ siswa masih dalam kategori mulai meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata maharah istima’ siswa mengalami peningkatan sebesar 19,29% menjadi 78,21% yang artinya kemampuan maharah istima’ siswa dalam kategori mulai meningkat baik, karena masih belum mencapai target penelitian di lanjutkan ke siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata maharah kalam siswa mengalami peningkatan sebesar 30% menjadi 88,92% yang artinya kemampuan rata-rata maharah istima’ siswa sudah meningkat dengan sangat baik dan sudah memenuhi target

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: APE, Bisik Berantai dan Maharah Istima'
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 12 Jul 2023 08:11
Last Modified: 12 Jul 2023 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19914

Actions (login required)

View Item View Item