Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIN 1 Mandailing Natal

Sara, Yuni (2022) Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MIN 1 Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover YUNI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DApus.pdf

Download (895kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonsesia kelas IV MIN 1 Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas IV-A (kelas eksperimen) yang berjumlah 23 siswa dan kelas VI-B (kelas kontrol) yang berjumlah 25 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji Mann- Whitney. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Kemampuan membaca siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional (Ceramah) diperolehqnilai rata-rataqpada pre-testqsebesar 40 dan post- testqsebesar 70. (2) Hasil kemampuan membaca siswa yang diajarkan dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) diperoleh nilai rata-rata padaqpre-test 53 danqpost-test 87. (3) Terdapat pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca siswa kelas IV MIN 1 Mandailing Natal. iHal iini dibuktikan idengan ihasil iuji imann whitney idengan inilai i Zhitung sebesar -3,852 denganqnilai Sig. 0,000 isehingga iHa iditerima idan iHo iditolak ikarena i0,000 i< i0,05. Simpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 1 Mandailing Natal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition), Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jun 2023 10:01
Last Modified: 21 Jun 2023 10:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19646

Actions (login required)

View Item View Item