Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 104255 Paluh Sibaji

Syahfitri, Aini (2022) Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 104255 Paluh Sibaji. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover dan Lainnya.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 104255 Paluh Sibaji”, yang dilatarbelakangi bahwa hasil belajar anak didik masih terbilang rendah pada materi siklus air dan proses pembelajaran hanya menggunakan buku ajar untuk mendukung proses pembelajaran. Pada Sub Pembelajaran siklus air dan peristiwa alam lainnya guru menjelaskan hanya melalui gambar yang terdapat dalam buku ajar kemudian menjelaskannya secara kontekstual. Pembelajaran dengan mekanisme seperti ini, menimbulkan respon tidak menarik oleh siswa yang mengakibatkan siswa tidak mendengarkan atau memperhatikan guru, serta proses pembelajaran menjadi pasif. Penelitian ini menggunakan desain penilitian dan kembangan yang terkembang berasal pada Dick dan Carry ialah desain penelitian ADDIE. Tahapan penelitian yang dilakukan terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini mengungkapkan dampak bahwa Pengembangan Media Pop Up Book adalah terbukti efisien. Dengan presentase didapat dari validator ahli sebesar 96,07% degan kriteria “sangat valid”. Hasil penelitian berdasarkan nilai yang diperoleh pada angket respon 20 siswa memperoleh 94% dan angket respon guru memperoleh nilai 95% sehingga media Pop Up Book dari kedua responden dinyatakan praktis dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil penelitian berdasarkan nilai N-Gain yang didapat siswa pada hasil pretest posttest dinyatakan efektif memperoleh nilai 88% dengan kategori “efektif”. Berdasarkan pada temuan penelitian di atas maka pengembangan media Pop Up Book pada materi siklus air di SD Negeri 104255 Paluh sibaji dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Pop Up Book, siklus air
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:11
Last Modified: 03 Mar 2023 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17986

Actions (login required)

View Item View Item