Pengembangan Media Pembelajaran “Puzzle Berbasis Powerpoint” Pada Pembelajaran Mufrodat Untuk Siswa Kelas XII SMK Tritech Informatika Medan

Nasution, Rakha’ Khairunnisa’ (2021) Pengembangan Media Pembelajaran “Puzzle Berbasis Powerpoint” Pada Pembelajaran Mufrodat Untuk Siswa Kelas XII SMK Tritech Informatika Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Rakha Khairunnisa Nst.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Rakha Khairunnisa الباب الأول.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Rakha Khairunnisa الباب الثاني.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
Rakha Khairunnisa الباب الثالث.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
Rakha Khairunnisa الباب الرابع.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Rakha Khairunnisa الباب الخامس.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Rakha Khairunnisa المراجع.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk : 1) Menjelaskan Pembutan produk Media Pembelajaran Puzzle berbasis Powerpoint. 2) Menjelaskan Tingkat kelayakan produk media pembelajaran Puzzle berbasis Powerpoint pada Pembelajaran Mufrodat. 3) Menjelaskan Hasil uji coba validasi ahli media dan responden terhadap Media Pembelajaran Puzzle berbasis Powerpoint pada Pembelajaran Mufrodat untuk Siswa kelas XII SMK Tritech Informatika Medan. Penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan teori Bord and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk tertentu, kemudian melakukan uji coba untuk mengetahui keefektifan pada produk tersebut. Tehnik pengumpulan data pada penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket (angket validasi dan angket responden), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dari Media Pembelajaran Puzzle berbasis Powerpoint meliputi: 1) Proses pembuatan Produk terdapat beberapa langkah-langkah: a. tahap awal adalah memilih materi yang akan digunakan dalam pembuatan puzzle berbasis powerpoint, b. tahap kedua adalah membuat desain puzzle berbasis powerpoint, dan c. tahap akhir adalah merencang pembutan puzzle berbasis powerpoint untuk lebih menarik dan kreatif. 2) Tingkat kelayakan pada produk Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Powerpoint, memiliki tingkat kelayakan “Sangat Layak”. Dan 3) Hasil uji coba produk terhadap Ahli media pembelajaran memperoleh presentase 89% yang termasuk kategori “Sangat Layak”, hasil uji coba pemakaian produk terhadap guru Bahasa Arab memperoleh presentase 90% yang termasuk kategori “Sangat Layak”, dan hasil uji coba pemakaian produk media pembelajaran Puzzle berbasis Powerpoint terhadap peserta didik memperoleh presentase 82% yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, maka penelitian dan pengembangan Puzzle berbasis Powerpoint Sangat Layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Puzzle, Powerpoint
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Mar 2023 05:54
Last Modified: 01 Mar 2023 05:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17894

Actions (login required)

View Item View Item