Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Kelas V Di SD Negeri 3 Kutacane

Karmila, Karmila (2021) Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Hasil Pembelajaran IPA Kelas V Di SD Negeri 3 Kutacane. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DLL KARMILA.pdf

Download (939kB)
[img] Text
BAB I KARMILA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II KARMILA.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB III KARMILA.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV KARMILA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KARMILA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAN DAN LAMPIRAN KARMILA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasy Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Kutacane yang berjumlah 29 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah Intact-Group Comparison. Berdasarkan teknik tersebut, maka diperoleh satu kelompok sebagai kelas eskperimen (dengan menggunakan model quantum learning) dan satu kelompok sebagai kelas kontrol (dengan menggunakan model pembelajaran konvensional). Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar IPA materi siklus air di SD Negeri 3 Kutacane. Hasil belajar IPA siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dengan nilai 81,43 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 72,00. Terdapat pengaruh yang signifikan Metode pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji-t dengan diperolehnya nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu 0,402 > 0,05. Yang menyatakan diterimanya Ha dan ditolaknya HO. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas V SD Negeri 3 Kutacane

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 23 Feb 2023 04:11
Last Modified: 23 Feb 2023 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17714

Actions (login required)

View Item View Item