Hasibuan, Nur Syahfitri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kecerdasan Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA di SD Islam Al-Habibah Desa Telaga Sari Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER (1) SKRIPSI NURSYAHFITRI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI NURSYAHFITRI.pdf Download (442kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI NURSYAHFITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI NURSYAHFITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI NURSYAHFITRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB_V_SKRIPSI_NURYSAHFITRI[1].pdf Download (161kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_&_LAMPIRAN_SKRIPSI_NURSYAHFITRI[1].pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen di kelas V SD Islam Al-Habibah dalam mata pelajaran IPA. (2) mengetahui kecerdasan siswa pada kelas kontrol di kelas V SD Islam Al-Habibah dalam mata pelajaran IPA. (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learing (PBL) terhadap kecerdasan siswa kelas V SD Islam Al-Habibah dalam mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Habubah Desa Telaga Sari kecamatan Sunggal, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes, dan teknik pengumpulan data menggunakan uji Normalitas, uji Wilcoxon, dan Uji Mann-Whitney. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen terdiri dari 28 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 27 siswa sehingga jumlah sampel keseluruhan sejumlah 55 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan Pre-test dan Post-test soal pilihan ganda. Berdasarkan uji normalitas data pada Pre-test dan Post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikansi 0,05, maka Pre-test kelas eksperimen 0,19 dan Post-test 0,02, sedangkan kelas kontrol nilai Pre-test 0,167 dan nilai post-test 0,18. Hal ini menunjukkan bahwa data tersebut berdistribusi tidak normal karena hasil Post-test kelas eksperimen 0,02<0,05. Sedangkan hasil dari uji Wilcoxon pada kelas eksperimen 0,000 yang artinya terdapat perbedaan antara nilai Pre-test dan Post-test di kelas eksperimen, sedangkan di kelas kontrol 0,000 yang berarti terdapat perbedaan antara nilai Pre-test dan nilai Post-test di kelas kontrol.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kunci : Kecerdasan Siswa, Model Pembelajaran Problem BasedLearning (PBL), Mata Pelajaran IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 03:50 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 03:50 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17367 |
Actions (login required)
View Item |