Khairunnisa, Khairunnisa (2022) Desain Media Pembelajaran berbasis Teka- Teki Silang dalam pembelajaran mufradat siswa kelas VII MTs.S Manunggal Bandar Khalifah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
caver Skripsi khairunnisa.pdf Download (547kB) |
|
Text
Bab 1 Skripsi Khairunisa.pdf Download (316kB) |
|
Text
BAB 2 Skripsi Khairunnisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
|
Text
Bab 3 Skripsi Khairunnisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
BAB 4 Skripsi Khairunnisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
|
Text
Bab 5 Skripsi Khairunnisa.pdf Download (217kB) |
|
Text
Daftar Pustkan dan Lampiran Skripsi Khairunnisa.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain media ” Teka-Teki silang ” guna untuk membantu dalam penguasaan mufradat pada siswa kelas VII MTs.S Manunggal Bandar Khalifah Tembung. Media Teka- teki silang dapat menarik perhatian siswa dan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa arab siswa. Jenis Penelitian yang di gunakan adalah penelitian R&D (Research and Development). Tahapan yang di lakukan untuk menghasilkan media pembelajaran bahasa arab untuk kelas VII dengan menggunakan model Borg &Gall terdiri dari 10 langkah yang saling berkaitan dan terstruktur yang meliputi potensi dan masalah (Research and information collecting), Mengumpulkan informasi (Planning), Desain Produk (Develop preliminary form of product), Validasi Desain (preliminary field testing), Perbaikan desain (Main product revision), Uji Coba Produk (Main field testing), Revisi Produk (Operational product revision), Uji Coba Pemakaian ( Operational field testing), Revisi Produk (Final Product revision), Pembuatan Produk masal (Disseminationand implemention). Teknik Pengumpulan data dengan Observasi, Angket, wawancara, pre- test, post-test, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji produk, secara umum media pembelajaran ” Teka- Teki Silang” telah memiliki kualitas yang layak. Respon siswa dalam uji coba produk memperoleh kategori penilaian ”positif” dengan skor rata- rata 4,8, Hasil Penilaian ahli terhadap” media teka- teki silang” nilainya adalah 4.1, serta adanya pengaruh terhadap penguasaan kosa kata bahasa arab dapat di lihat dari hasil nilai pre test dan post test dengan selisih 22.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Media Teka- Teki Silang, Pembelajaran Mufradat. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 03:36 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 03:36 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16661 |
Actions (login required)
View Item |