Desain Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca Bagi Santri/wati Pemula Asrama Manhalun Nabighin Kota Medan

Siregar, Mariani (2022) Desain Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kemahiran Membaca Bagi Santri/wati Pemula Asrama Manhalun Nabighin Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
CAVER.pdf

Download (656kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (306kB)
[img] Text
REFRENSI .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat buku ajar, mengetahui pengembangan Desain Buku ajar bahasa arab berbasis tematik untuk meningkatkan kemahiran membaca dan mengetahui hasil uji produk Desain Buku ajar bahasa arab berbasis tematik untuk meningkatkan kemahiran membaca bagi santri-santri wati pemula asrama manhalun nabghin kota medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Application, and Evaluation). Adapun tempat penelitian ini di Asrama Manhalun Nabighin Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah guru di asrama manhalun nabighin dan seluruh santri-santri wati pemula asrama. Sedangkan sampel dari penelitian ini ialah 15 orang santri-santri wati pemula. Pada tahap pengembangan meliputi tahap pencarian potensi masalah, mengumpulkan data informasi, desain produk, validasi desain, uji coba produk, perbaikan produk. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan cara observasi angket, penilaian ahli, dan juga pretest dan postest. Berdasarkan uji coba produk, secara umum buku ajar bahasa arab berbasis tematik untuk meninggkatkan kemahiran membaca bagi santri-santri wati pemula asrama manhalun nabighin telah memiliki kualitas yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Dec 2022 08:36
Last Modified: 06 Dec 2022 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16488

Actions (login required)

View Item View Item