Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas XII SMK Teritech Informatika Medan

Rama, Seri Sartika (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas XII SMK Teritech Informatika Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Menjelaskan rancangan pengembangan media pembelajaran teka-teki silang dalam pembelajaran bahasa arab, 2) Menjelaskan hasil validasi ahli media; dan 3) Menjelaskan hasil uji coba media pembelajaran berbasis teka-teki silang pada guru dan siswa kelas XII SMK Tritech Informatika Medan. Penelitian ini menggunakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), model penelitian ini untuk menghasilkan sebuah produk, kemudian melakukan uji coba untuk keefektifan pada produk tersebut. Tehnik pengumpulan data pada penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket (angket validasi dan angket responden), dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan dari media pembelajaran berbasis teka- teki silang memperoleh: 1) Rancangan pengembanagan media pembelajaran berbasis teka-teki silang meliputi; potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk, 2) Ahli media memperoleh presentase 91% termasuk kategori “Sangat Layak”, 3) Penilaian hasil uji coba produk pada guru mata pelajaran Bahasa Arab memperoleh presentase 90% dikategorikan “Sangat Layak”, dan Penilaian hasil uji coba produk media pembelajaran berbasis teka-teki silang pada siswa memperoleh presentase 88% termasuk kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, maka pembelajaran berbasis teka-teki silang Sangat Layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bahasa arab dalam pembelajaran kosakata bahasa arab.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teka-Teki Silang, Kosakata Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Nov 2022 04:50
Last Modified: 25 Nov 2022 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16369

Actions (login required)

View Item View Item