Yusni, Aprilia (2018) Pengaruh Pendekatan Active Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Iv Mis Al-Iqra’ Medan Belawan. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
|
Image (Sampul)
COVER.pdf - Cover Image Download (436kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Download (493kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Accepted Version Download (340kB) | Preview |
|
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Accepted Version Download (398kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Download (283kB) | Preview |
|
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Accepted Version Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penggunaan pendekatan Active Learning, 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penggunaan pendekatan konvensional, 3) pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Active Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil belajar IPS pada kelas eksperimen (IVB) dengan menggunakan pendekatan Active Learning mata pelajaran IPS rata-rata post test 85. 2) hasil belajar IPS pada kelas kontrol (IVA) dengan menggunakan pendekatan konvensional mata pelajaran IPS rata-rata post test 66. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan Active Learning memiliki hasil belajar yang lebih baik dibanding kelas kontrol. 3) berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh pendekatan Active Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,097 > 2,024 (n=20) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Active Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Al-Iqra’ Medan Belawan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh Pendekatan Active Learning, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Iqlima Iqlima |
Date Deposited: | 13 Dec 2018 04:07 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 05:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/4963 |
Actions (login required)
View Item |