Hubungan Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Dan Keaktifan Mengikuti Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Azzakiyah Islamic School Medan

Batubara, Irfan Arifsah (2022) Hubungan Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Dan Keaktifan Mengikuti Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas Viii Smp Swasta Azzakiyah Islamic School Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
2__Cover_compressed.pdf

Download (652kB)
[img] Text
3__BAB_I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
4__BAB_II.pdf

Download (931kB)
[img] Text
5__BAB_III.pdf

Download (428kB)
[img] Text
6__BAB_IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
7__BAB_V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8__Daftar_Pustaka_compressed.pdf

Download (848kB)

Abstract

Tesis Hubungan Persepsi Siswa Tentang Profesionalisme Guru Dan Keaktifan Mengikuti Pembelajaran Daring Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Azzakiyah Islamic School Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Hubungan persepsi siswa tentang profesionalisme guru dengan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa (2) Hubungan keaktifan siswa mengikuti pembelajaran daring dengan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa, dan (3) Hubungan secara bersamasama antara persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan keaktifan mengikuti pembelajaran daring dengan hasil belajar pendidikan agama Islam pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsi studi korelatif. Alat pengumpulan data menggunakan kusioner berbentuk skala likert. Dengan besaran sampel sebanyak 73 siswa dari jumlah dari jumlah populasi berjumlah 144 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, (1) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru berhubungan yang cukup kuat dan memberikan sumbangan atau pengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam sebesar 65,2%, besaran ini menunjukkan sumbangan atau pengaruh yang diberikan tergolong cukup, dengan demikian temuan ini memberikan makna bahwa salah satu faktor penentu peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam ditentukan oleh adanya persepsi siswa tentang profesionalisme guru siswa, (2) Keaktifan siswa mengikuti pembelajaran daring berhubungan lemah dan memberikan sumbangan atau pengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa sebesar 42,1%, besaran ini menunjukkan sumbangan atau pengaruh yang diberikan tergolong cukup, dengan demikian temuan ini memberikan makna bahwa salah satu faktor penentu peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam ditentukan oleh adanya keaktifan siswa mengikuti pembelajaran daring dan (3) Persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan Keaktifan siswa mengikuti pembelajaran daring secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa sebesar 61,4 % sedangkan sisanya yakni 38,6% berasal diluar variabel penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 10 Feb 2025 06:25
Last Modified: 11 Feb 2025 04:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25241

Actions (login required)

View Item View Item