Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Tritech Informatika Medan

Hasibuan, Seri Minta Uba (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Tritech Informatika Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Seri_Minta_uba_Hasibuan.pdf

Download (899kB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI_SERI_MINTA_UBA_HSB_(1).pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_SERI_MINTA_UBA_HSB.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_SERI_MINTA_UBA_HSB.pdf

Download (946kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_SERI_MINTA_UBA_HSB.pdf

Download (652kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_SERI_MINTA_UBA_HSB.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_SERI_MINTA_UBA_HSB_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah salah satu model pembelajaran yang sangat sering digunakan saat ini, masalah yang sering kita jumpai pada pembelajaran matematika bahwa siswa cenderung tidak bersemangat bahkan sebelum pembelajaran matematika berlangsung. Siswa merasa pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang tidak menarik sehingga saat berlangsungnya pembelajaran siswa cepat merasa jenuh dan bosan. Kecemasan dan ketegangan siswa perlu diatasi dengan model pembelajaran yang tepat, model pembelajaran yang dibutuhkan adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam pembelajaran matematika. Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasiexperiment (eksperimen semu). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Tritech Informatika Medan, dengan jumlah sampel 27 siswa kelompok eksperimen dan 26 siswa kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian adalah teknik acak menggunakan aplikasi “Spin The Wheel”. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket dan tes. Pengujian validitas instrumen dengan menggunakan rumus masing-masing yang dibantu dengan menggunakan Microsoft Excel. Serta uji t-test untuk pengujian hipotesis penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan uji “t” yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 5.2257 dan ttabel= 2.058 maka dapat dikatakan bahwa thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima (2) terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan uji “t” yang menunjukkan bahwa nilai thitung = 12.8141 dan ttabel= 2.009 maka dapat dikatakan bahwa thitung>ttabel maka Hoditolak dan Ha diterima. Dari hasil temuan penelitian diatas maka model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) layak diterapkan di dalam kelas sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa kelas XI SMK Tritech Informatika Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 10 Feb 2025 01:42
Last Modified: 10 Feb 2025 01:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25167

Actions (login required)

View Item View Item