Peran Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Santri Di Pesantren Al Aqsa Bunga Bondar Kabupaten Tapanuli Selatan

Makia Azmi Siregar, Dian (2024) Peran Pendidikan Pesantren Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Santri Di Pesantren Al Aqsa Bunga Bondar Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
CAVER (2).pdf

Download (784kB)
[img] Text
BAB_I (7).pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB_II (7).pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB_III (8).pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB_III (8).pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB_IV (8).pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB_V (8).pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (7).pdf

Download (607kB)

Abstract

Peranan Pendidikan Pesantren, Kemandirian Belajar Santri Adapun yang dibahas dalam penelitian ini adalah Peran pendidikan pesantren dalam membentuk kemandirian belajar santri di pesantren al Aqsa bunga bondar kabupaten tapanuli selatan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimanakah kemandirian belajar santri di pondok pesantren, bagaimanakah sistem pembelajaran pondok pesantren, bagaimana koordinasi antara pengasuh di pondok pesantren dan bentuk kegiatan yang mendukung kegiatan santri di pondok pesantren bunga bondar kabupaten tapanuli selatan. Pesantren bukan hanya tempat untuk menuntut ilmu agama saja namun lebih jauh lagi para santri dididik dan dibentuk untuk menjadi insan yang paham agama, dan dapat mengaplikasikan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat dan mandiri dalam belajar yaitu aktifitas belajar yang didorong oleh kemauan dan tanggung jawab sendiri tanpa bantuan orang lain . Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dengan data dan sumber data dan dikumpul dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data tersebut yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuan. Pengujian keabsahan data yaitu uji kredibilitas data, uji transferbilitas, uji dependabilitas, dan konfirmabiitas. Hasi penelitiannya yaitu bahwa: 1) kemadirian belajar ditanamkan melalui dua cara yaitu teoritis dan praktis. 2) sistem pembelajaran pondok pesantren al aqsa memiliki strategi dalam mengembangkan santrinya melalui keterpaduan dan kesimbangan dalam pembinaan pada santri yang tingaal di pesantren. 3) pengasuh pondok pesantren harus mampu mengambil keputusan secara mandiri (independent) terdahulu jika terdapat problematika. 4) kegiatan yang mendukung kemandirian belajar santri dapat dilihat dari segi metode guru

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:28
Last Modified: 07 Feb 2025 06:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item View Item