Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Tingkat Kecemasan Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Lingga Bayu

Yeni, Yetri (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Tingkat Kecemasan Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Lingga Bayu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
cover (5).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_1_PENDAHULUAN.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB_II_TELAAH_KEPUSTAKAAN.pdf

Download (813kB)
[img] Text
BAB_III_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN (1).pdf

Download (285kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka (6).pdf

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kecemasan Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Lingga Bayu Tahun Ajaran 2024/2025. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan penelitian quasy eksperiment dengan desain twogroup pretest-post-test design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lingga Bayu dengan jumlah sampel kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Teknik pengambilan sampel didasarkan pada kriteria yang diterapkan oleh peneliti yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, tes dan angket dengan alat pengolah data statistik baik validitas, reliabilitas serta analisisnya menggunakan Excel. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa materi relasi dan fungsi kelas VIII di SMP Negeri 1 Lingga Bayu, hasil deskripsi tersebut didukung oleh pengujian analisis dengan rumus N-Gain pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 0,68 (sedang) dan nilai rata-rata skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,23 (rendah). Hal ini juga berdasarkan hasil Uji-t diperoleh nilai sig. 0,000, apabila taraf

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:03
Last Modified: 07 Feb 2025 06:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25069

Actions (login required)

View Item View Item