Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMAN 1 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas

Gembira, Muhammad (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMAN 1 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_terbaru_Muhammad_Gembira_-1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB_1_MUHAMMAD_GEMBIRA_.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB_2_MUHAMMAD_GEMBIRA_.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB_3_MUHAMMAD_GEMBIRA_.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB_4_MUHAMMAD_GEMBIRA_.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB_5_MUHAMMAD_GEMBIRA_.pdf

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_MUHAMMAD_GEMBIRA_.pdf

Download (439kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini berjudul” Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMAN 1 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas”. Yang dilatarbelakangi bahwa kinerja guru di SMA N 1 Hutaraja Tinggi cenderung menurun.Hal tersebutu bisa terjadi dikarenakan rendahnya/kurangnya kemampuan maupun perhatian kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, seharusnya kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi disekolah harus mampu memberikan arahan, mengkoordinir, memberikan motivasi, membimbing dan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kinerja guru, dan melakukan monitoring maupun evaluasi secara teratur terhadap kinerja guru. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sebagai sumber data penelitian ini, peneliti mengambil beberapa sumber informasi dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan Wakil kepala bidang kurikulum di SMA Negeri 1 Hutaraja Tinggi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa,1). Peran kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 1 Hutaraja Tinggi yang dilaksanakan dengan melakukan pembinaan, penerapan disiplin kerja, serta beberapa penghargaan yang diberikan oleh kepala sekolah kepada guru. 2). Strategi yang dipakai oleh kepala sekolah bersama dengan pihak-pihak terkait dalam peningkatan kinerja guru, menunjukkan hasil yang sudah efektif dalam melaksanakan dan mencapai tujuan-tujuan Pendidikan bagaimana bentuk koordinasi antara guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SMAN 1 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas. 3). Koordinasi antara guru dan kepala sekolah biasanya melibatkan pertemuan rutin untuk membahas perkembangan, umpan balik, dan strategi peningkatan. Kepala sekolah dapat memberikan arahan dan dukungan, sementara guru menyampaikan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi. Kegiatan seperti pelatihan bersama dan evaluasi kinerja juga sering dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru secara keseluruhan. 4) Apresiasi atau motivasi sudah diberikan kepala sekolah kepada para tenaga pengajar yang bekerja dengan baik dan optimal. Kata Kunci: Strategi, Meningkatkan Kinerja Guru

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:37
Last Modified: 07 Feb 2025 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25038

Actions (login required)

View Item View Item